Strategi SEO On Page yang Tepat – Dalam Optimasi SEO sebuah website, bagian On-Page merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan. Ini akan membantu sebagai sinyal peringkat yang dapat membuat situs web Anda muncul di SERP. Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat memahami strategi SEO On-Page yang dapat digunakan untuk website Anda. Ada banyak strategi yang bisa diterapkan, tetapi jika Anda tidak memahaminya, maka hasil yang diperoleh mungkin tidak akan optimal. Mari kita mulai mengidentifikasi strategi ini.

Strategi SEO On Page yang Tepat

SEO On-Page mengacu pada pengoptimalan apa pun yang dapat Anda kontrol dan tambahkan ke situs web Anda. Dengan pengoptimalan pada halaman, Anda bertujuan untuk membuat situs web Anda lebih berguna dan berharga bagi pengguna. Tingkatkan peringkat atau visibilitas Anda dalam hasil pencarian di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Baca Juga: Cara membuat Artikel yang Berkualitas

Ada beberapa faktor peringkat yang perlu dipertimbangkan. Anda ingin mengoptimalkan semua faktor ini. Meluangkan waktu untuk mengoptimalkan masing-masing faktor ini akan meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian sekaligus menjadikannya kompetitif dan sulit dikalahkan.

Faktor Optimasi SEO On-Page yang harus Anda fokuskan meliputi:

  • URL
  • Tag judul
  • Deskripsi meta
  • Tag judul
  • Tag alternatif
  • Kata kunci
  • Isi
  • Kecepatan
  • Tautan dalam
  • Gambar
  • Ramah seluler

SEO On-Page juga akan tergantung pada konten halaman. Apa pun di situs web berpotensi memengaruhi SEO. Selain faktor-faktor di atas, ada juga HTML, CSS, JavaScript, dan banyak lagi kode yang dapat memengaruhi peringkat Anda.

Strategi On-Page akan membantu mesin pencari menganalisis situs web dan konten yang ditautkan ke sana. Sehingga dapat mengidentifikasi apakah query pencari relevan dengan apa yang disajikan oleh sebuah website. Google terus memperbarui algoritme mereka sehingga mereka dapat lebih memahami maksud para pencari dan memberikan hasil pencarian yang memenuhi kebutuhan para pengguna ini. Saat algoritme Google berkembang, begitu juga situs web Anda.

Baca Juga: Meningkatkan Trafik Pengunjung Web secara Organik

Untuk bisnis besar atau kecil, sangat penting untuk mengoptimalkan SEO. Ini mewakili salah satu strategi pemasaran digital yang paling umum, dan tetap sangat populer karena pengembalian investasi nya yang memuaskan. Fakta nya, SEO On-Page menawarkan ROI terbaik dari hampir semua strategi pemasaran digital dengan biaya yang relatif rendah dan manfaat jangka panjang yang dapat membantu situs web tumbuh dan menghasilkan lalu lintas secara pasif selama bertahun-tahun.

Berikut ini adalah beberapa strategi untuk Optimasi SEO on-page website Anda.

  1. Pengoptimalan URL

Menyertakan kata kunci Anda di URL alih-alih rangkaian angka acak yang panjang akan membuat situs Anda lebih mudah dinavigasi dan memberi orang pemahaman yang lebih baik tentang topik yang disajikan di halaman Anda.

Manakah dari URL berikut yang ingin Anda kunjungi?

https://www.example.com/category/subcategory/keyword.html

https://www.example.com/125typu4f5ww56fifl6639j875fe.html

Gunakan URL yang bersih dan terorganisir untuk meningkatkan arsitektur situs web dan membantu upaya Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian yang relevan.

  1. Pentingnya Judul Tag

Untuk menampilkan situs web Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP), Google harus tahu tentang maksud halaman di situs web. Menggunakan kata kunci tertentu pada tag judul setiap halaman (<title>, </title>) akan memudahkan crawler dari mesin pencari untuk memahami website Anda.

  1. Optimalisasi Meta Description

Deskripsi meta tidak secara langsung memengaruhi pengoptimalan halaman Anda. Ini adalah fitur yang membantu pengguna, untuk dapat mempelajari lebih lanjut tentang halaman Anda. Fakta bahwa Google akan menebalkan istilah pencarian pengguna yang muncul dalam deskripsi meta Anda adalah alasan lain untuk mengoptimalkan deskripsi meta untuk halaman di situs web Anda. Sertakan kata kunci terkait dalam deskripsi untuk hasil terbaik.

  1. Tambahkan Tag Judul

Untuk tag heading, tidak hanya mesin pencari yang membutuhkannya, pembaca juga sangat membutuhkannya. Gunakan tag heading di seluruh konten Anda untuk memecahnya dan membuatnya lebih mudah dibaca dan skimmable bagi pengguna. Anda juga dapat menambahkan kata kunci inti atau kata kunci terkait untuk memberikan lebih banyak konteks kepada mesin pencari mengenai konteks konten yang telah dibuat.

  1. Menggunakan Alt Tag

Alt tag memberikan lebih banyak informasi untuk multimedia, seperti gambar dan video. Mesin pencari tidak dapat melihat multimedia, jadi akan mengandalkan atribut alt untuk memberikan informasi tentang multimedia. Misalnya, jika Anda memiliki foto mobil, maka tag alt Anda dapat berisi deskripsi gambar tersebut. Tambahkan nama deskriptif ke file gambar sehingga Google bisa mendapatkan ide yang lebih baik tentang multimedia Anda. Jika Anda dapat menggunakan kata kunci di tag alt.

  1. Membuat Konten yang Efektif

Konten sangat penting untuk Optimasi On-Page. Dengan adanya konten, pengunjung akan dapat masuk dan tertarik untuk mengunjungi website tersebut. Baik itu untuk membaca posting blog atau melihat halaman produk, orang akan mencari konten Anda. Mengoptimalkan konten dapat membantu mesin telusur memahami dan memberi peringkat konten, yang dapat mengarahkan orang untuk menemukan situs web Anda.

Baca Juga: Apa itu Data Center? Mengapa tidak boleh asal memilihnya?

Beberapa bentuk Optimasi pada konten yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Menggunakan kata kunci Anda dalam judul dan paragraf
  • Memecah konten menjadi sesuatu yang dapat di-skimmable
  • Melengkapi konten dengan gambar yang bermanfaat
  • Pastikan konten menggunakan ejaan dan tata bahasa yang benar
  • Buat konten yang bermanfaat dan dapat dipercaya

Selain itu, Anda juga dapat secara teratur menambahkan informasi baru ke konten atau membuat konten baru. Jadi mesin pencari akan melihat bahwa Anda aktif online. Menemukan dan menghapus konten duplikat juga meningkatkan SEO pada halaman. Konten duplikat mengacu pada konten serupa di beberapa halaman di situs web. Konten duplikat ini harus dihindari, karena:

Google tidak tahu halaman mana yang akan diberi peringkat. Ketika beberapa halaman berisi informasi yang sama persis, mesin pencari tidak akan tahu halaman mana yang akan diberi peringkat dalam hasil pencarian.

Konten duplikat membingungkan pengunjung situs. Ketika pengunjung menemukan konten duplikat di situs Anda, itu dapat membuat kebingungan. Mereka mungkin tidak tahu langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Konten duplikat menyebabkan masalah di corong Anda. Mencegah pemirsa mengambil tindakan.

  1. Jangan Lupa Tautan Internal

Tautan internal adalah sesuatu yang tidak dapat diabaikan dalam SEO On-Page. Seiring pertumbuhan situs Anda, penting untuk mengembangkan proses penautan internal. Ini karena tautan internal akan membantu perayap menjelajahi situs Anda, menemukan konten baru, dan memahami konteks halaman yang berbeda.

Itulah berbagai strategi Optimasi SEO On-Page untuk situs Anda. Jangan lupa tentang kecepatan halaman dan keramahan seluler. Kedua hal ini juga cukup penting. Untuk lebih memahami hal ini, mulailah berkonsultasi dengan Layanan Jasa SEO Jakarta dari Digital Marketing Agency. Kami siap membantu bisnis Anda untuk membawanya ke tingkat berikutnya secara efektif. Mari kita mulai kolaborasi yang dapat membantu Anda mendapatkan beberapa manfaat menarik.

Cendana Parc

Promo Property

Dapatkan hunian mewah minimalis Cendana Parc di Karawaci Tangerang Banten. Harga mulai 600 Jutaan dengan fasilitas lengkap & akses strategis