Tantangan Terbesar dalam SEO – Penting bagi setiap perusahaan untuk menyebarkan informasi tentang bisnis mereka sambil menjangkau audiens yang penting. Bisnis apa yang tidak ingin ditemukan di halaman pertama hasil pencarian di Google? Namun, SEO akan berubah dengan pembaruan dan pengenalan algoritma dan fungsi baru.

Tantangan Terbesar dalam SEO

Untuk tetap terdepan dalam persaingan, Anda harus menyadari tantangan yang dihadapi dalam industri ini. Dengan algoritme yang digunakan untuk menentukan peringkat dan teknik SEO yang berkembang pesat, sulit bagi bisnis untuk mengoptimalkan kehadiran mereka di hasil pencarian. Fakta nya, ada banyak tantangan SEO yang harus diatasi oleh sebuah bisnis agar berhasil dan mendapatkan ROI yang baik.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas berbagai tantangan yang akan dirasakan dalam mengoptimalkan SEO website Anda.

Tantangan SEO Dalam Bisnis Anda

Jadi, mari kita lihat beberapa tantangan SEO yang mungkin dihadapi bisnis Anda dan cara mengatasinya.

  1. Menggunakan Semua Kata Kunci

Penjejalan kata kunci adalah sesuatu yang harus Anda hindari. Namun, salah satu trik untuk menyiasati taktik spam dan black-hat ini adalah dengan mengisi meta description dan header dengan kata kunci. Coba ambil perspektif ini, ketika Anda mencari konten, apakah Anda lebih suka mengklik tautan dengan deskripsi meta ‘konser, konser musim dingin, konser langsung, konser taman’ atau ‘Konser taman langsung selama musim dingin’. Mana yang lebih menarik bagi Anda?

Baca Juga: Kenali Berbagai Jenis Backlink yang ada

Sampai saat ini belum ada alat yang menunjukkan persentase kepadatan kata kunci secara sempurna. Oleh karena itu, risiko memicu filter penalti isian kata kunci masih tinggi jika Anda tidak hati-hati. Belum lagi pengguna yang mencapai halaman tersebut akan mengaitkan konteks negatif dengan deskripsi yang tidak dioptimalkan tersebut.

Intinya, Anda harus mencoba membuat pesan yang dapat menarik rasa ingin tahu dan membuat pengguna mengklik situs web Anda. Jadikan lebih alami, kurangi fokus pada kata kunci mentah.

  1. Bangun Halaman Situs Web Individual untuk Setiap Kata Kunci

Taktik yang bisa dibilang bukan sesuatu yang harus Anda salin dan gunakan dalam SEO adalah dengan mendedikasikan satu halaman untuk menargetkan variasi kata kunci tertentu. Memang benar bahwa strategi ini bekerja untuk waktu yang sangat lama, pada akhirnya Anda mengorbankan sumber daya yang berharga.

Berkat munculnya banyak pembaruan dari Google seperti Hummingbird yang akan menilai keseluruhan kalimat atau konteks nya. Google akan mempertimbangkan kueri dan memiliki pendekatan yang lebih cocok untuk mengidentifikasi topik dengan algoritme mereka. Membuat Anda tidak lagi ingin memiliki halaman terpisah untuk setiap kata kunci, tetapi satu halaman yang dapat menargetkan beberapa kata kunci.

Sampai hari ini, hampir tidak mungkin menemukan apa yang Anda cari secara online tanpa menggunakan kata kunci. Jadi akan lebih baik jika Anda fokus menawarkan konten yang sangat berharga daripada konten yang hanya digunakan untuk bisa memasukkan kata kunci. Konten berkualitas tinggi masih merupakan strategi SEO terbaik.

Baca Juga: Mengukur Strategi SEO yang Tepat

Jika Anda adalah bisnis yang menjual produk serupa dan tidak membutuhkan deskripsi yang sangat berbeda, maka hindari duplikasi. Ini karena Google akan menghukum situs dengan konten duplikat. Setiap halaman di situs Anda harus memiliki konten uniknya sendiri. Sebagai gantinya, sesuaikan kata kunci dengan cerdas ke dalam konten, judul, tag judul, deskripsi meta, dll

  1. Melupakan Media Sosial dari SEO

Dari backlink yang kredibel hingga cara hebat untuk membagikan posting blog, profil media sosial sering kali menjadi hasil teratas dalam daftar pencarian untuk nama merek. Ini berarti bahwa pemasar tidak dapat mengabaikan dampak media sosial pada SEO. Orang tidak hanya pergi ke Google untuk mencari produk, mereka juga menggunakan media sosial untuk menemukan apa yang mereka cari.

Kehadiran yang solid di media sosial sangat penting untuk mendukung strategi SEO Anda. Sayangnya, masih banyak yang kesulitan menggabungkan SEO dengan media sosial. Jika Anda memiliki keinginan untuk membangun profil backlink yang alami, mulailah dengan aktif di berbagai saluran media sosial tempat audiens target Anda berkumpul. Berusahalah untuk mengembangkan basis pengikut Anda di Facebook, Twitter, dan media sosial lain yang relevan dengan bisnis Anda.

  1. Mengabaikan Daya Seluler

Dari salah ketik hingga kueri yang lebih pendek hingga mengucapkan penelusuran mereka alih-alih mengetiknya, ada dua faktor dasar dalam penelusuran di seluler:

  • Pengguna seluler berinteraksi dengan konten secara berbeda dari pengguna non-seluler.
  • Riset kata kunci seluler dan desktop akan terpisah.

Oleh karena itu, Anda harus mengoptimalkan konten antara kedua perangkat khusus untuk masing-masing. Cara pertama, ada beberapa hal sederhana namun praktis yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan konten untuk mobile.

  • Gunakan font yang besar dan nyaman untuk konten Anda sehingga pengguna tidak kesulitan membacanya di layar yang lebih kecil.
  • Jangan membuat font judul terlalu besar sehingga menutupi seluruh layar.
  • Gunakan banyak ruang putih di konten Anda.
  1. Mengabaikan Lokal

Mengoptimalkan pencarian lokal bisa jadi sulit. Namun, jika Anda memahami faktor dasar yang berperan dalam mendapatkan peringkat lokal, maka Anda jauh di depan pesaing Anda.

Baca Juga: Ini dia Teknik Rahasia dalam SEO

Ada tiga faktor utama yang mempengaruhi SEO lokal:

  • Relevansi: Google perlu memahami bisnis Anda sehingga dapat mencocokkan cantuman Anda dengan istilah penelusuran yang relevan. Berikan info detail dan lengkap tentang bisnis Anda.
  • Jarak: Jika pengguna belum menentukan lokasi, Google akan mempertimbangkan apa pun yang diketahuinya tentang lokasi mereka.
  • Kelebihan: Jika bisnis Anda populer secara offline, Google akan mempertimbangkannya. Ini juga akan mempertimbangkan informasi yang dimilikinya dari seluruh web, seperti tautan dan artikel.
  1. Melewati Peluang

Dalam bisnis kecil, setiap aspek pemasaran akan ditangani oleh satu departemen pemasaran. Untuk perusahaan besar, akan ada departemen khusus untuk setiap spesialisasi pemasaran seperti tim SEO, tim PR, tim media sosial, dan tim konten. Ketika setiap tim beroperasi secara terpisah, mungkin ada peluang yang terlewatkan.

Misalnya, ketika tim media sosial membagikan beberapa konten yang dibuat oleh tim konten, atau membagikan postingan yang telah dioptimalkan oleh tim SEO sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang dan mengarahkan lalu lintas. Namun, jika masing-masing departemen tidak saling berkomunikasi, maka kerjasama tidak akan terjalin. Untuk memastikan bahwa semua orang berpikiran sama, penting untuk belajar bagaimana bekerja sama. Jika tidak, mungkin ada beberapa peluang yang terlewatkan.

Meskipun perusahaan besar memiliki banyak sumber daya, menjalankan kampanye SEO dengan benar bisa menjadi tantangan. Untuk menjalankan program SEO yang lengkap, semua bagian perlu bekerja secara sinergis, seperti Optimasi on-page, media sosial, dan pembuatan konten. Jika salah satu dari elemen ini tidak selaras, itu dapat menggagalkan semuanya.

Itulah berbagai tantangan SEO yang mungkin akan Anda hadapi nantinya. Untuk mengetahui solusi yang lebih baik, konsultasikan dengan Pakar SEO dan Master SEO kami yang siap membantu bisnis Anda membawa bisnis Anda ke level selanjutnya menggunakan strategi yang tepat. Tunggu apa lagi, yuk hubungi Jasa SEO Jakarta sekarang!

Cendana Parc

Promo Property

Dapatkan hunian mewah minimalis Cendana Parc di Karawaci Tangerang Banten. Harga mulai 600 Jutaan dengan fasilitas lengkap & akses strategis